Tuesday, May 15, 2018

Ruang Berkarya Ibu 2 Tahap 2 (Day 4)

Hari ini masih mencoba kegiatan dari buku Kreasi Asyik Muslim Cilik. Neta memilih kegiatan membuat diorama kehidupan ikan, dikaitkan dengan cerita Nabi Yunus yang ditelan oleh ikan paus besar.

Kalau dari bukunya, bahan yang digunakan untuk membuat ikan-ikanan adalah art foam atau flanel. Karena tidak ada di rumah (hehehe..) akhirnya menggunakan kertas saja. Gambar ikannya sudah ada dari printable Mungilmu. Memang yang menulis buku Kreasi Asyik Muslim Cilik dan founder Mungilmu adalah orang yang sama, jadi kegiatan-kegiatan yang ada dalam buku dan printable hampir mirip. Kalau yang di printable tentang kehidupan ikan di akuarium. Supaya menyambung dengan kisah Nabi Yunus, Mami menge-print juga gambar paus dari printable Mungilmu Mini.

Bahan-bahan dan peralatan yang disiapkan:
- Kardus bekas susu UHT
- Cutter
- Penggaris
- Pulpen
- Printable
- Benang
- Kancing
- Lem
- Gunting
- Selotip

Cara membuat:
1. Mami memotong kardus bagian depan dan menyayat bagian atas (untuk tempat mengaitkan kancing) dengan menggunakan cutter
2. Neta menggunting printable
3. Neta mengelem dan menempelkan printable selain ikan ke bagian dalam kardus
4. Mami memasang benang ke kancing lalu ujung yang lainnya ditempelkan ke bagian belakang ikan. Lakukan sampai ikan habis
5. Masukkan ikan ke bagian atas kardus yang telah disayat sehingga ikan bisa dimainkan/digerakkan

Berikut hasil dioramanya:

Diorama kehidupan ikan

Alhamdulillah kali ini Neta dan Nara mau ikut berpartisipasi. Kalau Neta menggunting dan menempel, Nara bagian mengelem juga. Sembari mengerjakan diorama, Mami menceritakan kisah Nabi Yunus. Setelah jadi dioramanya, kami bertiga mendongeng, membuat cerita sendiri dengan ikan-ikan sebagai pemainnya. Yeayyy! Cukup berhasil ya bermain bersama hari ini hehehe..

#RuangBerkaryaIbu
#Ibu Profesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day4

No comments:

Post a Comment