Wednesday, July 11, 2018

Mau Membuat Acara yang Melibatkan Anak-Anak? Bisa Mencoba 7 Kegiatan ini Moms!

Suka mati gaya kah Moms bila mau berkegiatan bersama anak? Ingin kumpul sama teman-teman tapi ada anak-anak yang harus diasuh? Atau sekedar hanya ingin mengumpulkan anak-anak dan beraktivitas bersama mereka? Yuk simak 7 kegiatan berikut yang bisa dicoba bila mau membuat acara yang melibatkan anak-anak:

1. Bermain
Yup, dunia anak adalah dunia bermain. Kalau ada anak-anak dan ingin mereka "anteng" ya siapkan permainan! :) Mulai dari mainan yang kecil seperti puzzle sampai mainan yang besar seperti yang ada di playground. Macam kids corner acaranya IIP gitu hehe.. Untuk mainan yang ada di playground, sekarang sudah banyak tempat menyewa koq, Moms. Tinggal search di Instagram atau googling, sudah banyak berseliweran tempat penyewaan mainan. Disesuaikan saja dengan kondisi dan budget Mommies semuanya. 

Bila jumlah anaknya banyak bisa juga mencoba bermain permainan tradisional seperti ular tangga atau bermain bola bila ada ruang/lahan yang luas. Bisa juga coba boardgame seperti ludo atau monopoli untuk anak yang sudah lebih besar. Setelah sekian lama tidak main boardgame, ternyata seru banget lho

2. Menari dan menyanyi
Yang ini tentunya anak-anak suka juga. Pasang lagu baby shark, anak-anak umumnya langsung bergoyang menirukan tariannya. Bisa juga menggunakan lagu anak-anak Indonesia yang ga kalah enaknya dong sama lagu luar negeri. Banyak pula judulnya, tinggal pilih, mau tentang balon, naik delman, pelangi, dan lainnya, tinggal search aja di Youtube. Heheheh..

3. Berkegiatan seni seperti mewarnai, menggambar, crafting/DIY
Yang ini mudah banget lho, Moms! Cari printable mewarnai, print, lalu ajak anak-anak mewarnai dengan krayon, pensil warna, spidol, ataupun alat mewarnai lainnya. Lalu biarkan mereka berkreasi sesuka hati! Bisa juga kita menggambar bersama. Mommies tidak bisa menggambar? Samaaa hehe.. Tapi jangan khawatir, sekarang banyak koq buku-buku yang mengajarkan orang tua untuk bisa menggambar bersama anaknya, misal buku Sulap Huruf Jadi Gambar karya Wafiq Sehat atau Drawing Mama dari Familia Kreativa.

Kita bisa juga membuat sesuatu bersama anak-anak, misalnya membuat mainan dari kardus, membuat papercraft, memasak/baking, dan sebagainya. Banyak sekali sekarang referensi kegiatan ini, mulai dari situs atau buku. Tinggal searching dan googling saja!

4. Dongeng atau membaca buku
Ditambah dengan alat peraga seperti boneka tangan, intonasi suara yang menarik, dan gerak pendongeng yang atraktif dapat menjadi daya tarik untuk anak-anak. Bisa menggunakan cerita yang dibuat sendiri atau yang sudah ada, atau tinggal membaca saja cerita yang ada di buku. Pasti Mommies semua sudah cukup lihai yaa membacakan buku untuk anak-anak. ;)

5. Menonton video edukasi
Banyak sekali sekarang channel-channel di Youtube yang edukatif untuk anak-anak, misalnya Make Me Genius, Paman Apiq, Whiz Kid Science, dan lain-lain. Tinggal cari sesuai kebutuhan anak-anak kita Moms dan jangan lupa tetap mendampingi saat menonton. Untuk anak visual-auditori cocok sekali media ini, mereka bisa dengan cepat menyerap apa yang dijelaskan. 

Di beberapa museum juga diputar video edukasi ketika kita berkunjung, misalnya di Museum Layang-Layang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Di dalam video edukasi diceritakan sejarah layang-layang, penyebarannya di Indonesia dan di luar negeri, serta jenis-jenis layang dan fakta-fakta unik lainnya. Sangat menarik untuk ditonton anak-anak maupun orang dewasa. 

6. Memberikan kuis/hadiah/doorprize
Anak-anak pasti sangat senang dengan hadiah. Mommies bisa menyiapkan pertanyaan atau games sederhana atau mengocok nama siapa yang mendapatkan hadiah. Bisa juga diberikan kepada yang paling pertama datang tepat waktu atau kriteria lainnya. 

7. Makan dan minum
Setelah selesai berkegiatan, jangan lupa menyelipkan kegiatan ini, yaitu makan dan minum. Bisa membawa bekal dari rumah lebih baik. Makannya bersama-sama, insya Allah anak-anak akan belajar tentang kebersamaan dan lebih lahap makannya! :D

Yuk dicoba Moms kegiatan-kegiatan di atas. Because time spent with children is never wasted!

Referensi:

No comments:

Post a Comment