Sunday, July 15, 2018

Game Level 12: Keluarga Multimedia (Day 10)

Besok Neta sudah mulai sekolah lagi, naik ke kelas TKB. Insya Allah tidak akan se-hectic ketika baru masuk kelas TKA, karena sekarang Neta sudah terbiasa dengan lingkungan sekolahnya. Berbeda ketika baru masuk tahun lalu, Neta menangis di hari pertamanya masuk sekolah. Maminya pun lebih khawatir, apakah Neta bisa sekolah dengan baik. 

Dari pengalaman di TKA kemarin, Mami pun jadi banyak belajar. Bukan hanya anak saja yang belajar. Dulu Mami terlalu fokus kepada ketidaknyamanan-ketidaknyamanan yang ada di sekolah. Sekarang sudah menyadari, fokus yang terbaik adalah untuk pendidikan Neta. Hal lainnya hanyalah pendukung. Kedewasaan seorang ibu juga diperlukan dalam berhubungan dengan pihak lain seperti sekolah maupun ibu-ibu lainnya. Yang terpenting sekarang adalah perkembangan Neta, ingin sekali membuat portofolio pembelajaran Neta di sekolah. Dengan demikian diperlukan komunikasi yang lebih baik lagi dengan Bunda Gurunya dan pencatatan.

Pencatatan yang bisa Mami lakukan baru sekedar di Google Spreadsheet saja seperti yang ada di tautan berikut: 

Lalu teringat status Facebook Mba Farda beberapa saat yang lalu. Beliau menuliskan tugas bunsay level 12-nya dengan aplikasi yang dibuat oleh Mba Farda dan Semanggi Family sendiri. Masya Allah.. Filio namanya. Saya pun mencoba mengunduhnya di sini. Berikut tampilan untuk menambahkan portofolio anak:



Ada tanggal, judul kegiatan, tempat kegiatan, nama anak, deskripsi kegiatan, tujuan kegiatan, fitrah, aspek perkembangan, fasilitator, ekspresi anak, hikmah kegiatan, tindak lanjut, dan doa. Untuk fitrah ada pilihan fitrah iman, bakat, berpikir dan nalar, seksualitas, perkembangan pre aqil baligh, serta perkembangan post aqil baligh. Untuk aspek perkembangan ada pilihan kognitif, emosi, sosial, motorik, dan kemandirian. Ekspresi anak ada emoticon senang, sedih, marah, takut, dan jijik. Kreatif sekali! :)

Semoga dapat dengan konsisten Mami pakai untuk mencatat portofolio Neta dan Nara, baik untuk kegiatan di rumah maupun di sekolah. Terima kasih Mba Farda dan Semanggi Family! :D

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

No comments:

Post a Comment