Tuesday, February 6, 2018

Review Buku Child's Play Karya Maja Pitamic

Buku Child's Play oleh Maja Pitamic

Ini dia buku aktivitas anak yang pertama saya baca sebagai bahan berkegiatan bersama anak di rumah. Waktu itu saya masih bekerja di ranah publik dan baru ada Neta, belum ada Nara. Kalau weekend suka bingung, main apa ya sama Neta di rumah. Baru tahu juga tentang metode Montessori dari web IMC, sehingga mencoba mencari tahu lebih tentang metode ini. Kebetulan ada teman yang berjualan, langsung beli deh.

Di dalam buku ini terdapat 6 bab yang bisa kita eksplorasi bersama si kecil, yaitu mengeksplorasi pancaindra, koordinasi, seni dan kerajinan, permainan dan gerakan, bahasa dan cerita, serta pergi berkeliling. Di awal bab berisi penjelasan perkembangan waktu yang tepat beserta timeline-nya. Misal mengeksplorasi pancaindra, waktu perkembangan yang tepat saat usia 1-1,5 tahun. Pada saat usia 12 bulan umumnya anak bisa berjalan tanpa bantuan, usia 15 bulan kadang-kadang anak bisa makan sendiri dengan alat, dan usia 18 bulan anak dapat menandai kertas dengan krayon. Meskipun milestone setiap anak tentu berbeda-beda, apa yang dituliskan di buku ini dapat menjadi acuan perkembangan umum seorang anak.

Kemudian setiap bab berisi kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan bersama anak. Setiap kegiatan cukup sederhana, ada petunjuk bahan dan peralatan apa yang diperlukan (rata-rata dapat ditemukan di rumah), lalu ada kotak tips, dan ragam aktivitas lain untuk dicoba. Misalnya di bab pertama ada kegiatan petak umpet, cermin yang menyenangkan, kebut-kebutan, dan lain-lain. Setiap kegiatan juga ada petunjuk untuk usia berapa sebaiknya dilakukan. 

Di bagian terakhir buku ada pola-pola gambar yang bisa difotokopi sebagai bahan penunjang kegiatan. Ini sangat membantu terutama untuk para ibu yang tidak bisa menggambar seperti saya hehehe.. Overall saya sangat senang berkegiatan dengan petunjuk dari buku ini, lengkap dan mudah diikuti. 

Oya, saya sempat membuat daftar kegiatannya berdasarkan usia anak. Di buku ini kegiatannya dikelompokkan berdasarkan bab yang sudah saya ceritakan di atas. Jadi pengelompokkan kegiatan berdasarkan usia memudahkan untuk mencari kegiatan yang sesuai dengan usia anak kita sekarang. Bisa diakses pada tautan ini. Semoga bermanfaat ya. :)
___________________________________________________________
#OneMonthOneBook bulan Januari
Buku referensi #KegiatanNetaNara
Postingan #KegiatanNetaNara minggu berikutnya ada di label Level 8 ya :)

No comments:

Post a Comment