Sunday, February 18, 2018

Jurnal Belajar Fasilitator Kelas Tangsel Offline (Minggu 2)


Pertemuan kedua matrikulasi diadakan di salah satu rumah peserta, yaitu di rumah Mba Vivi, pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2018. Saya berangkat ke rumah Mba Vivi setelah meeting dengan panitia acara Milad IP Tangsel di Bintaro Xchange. Alhamdulillah masih terkejar waktunya meskipun terlambat beberapa menit karena beli siomay dulu untuk makan siang hehehe.. Sesampainya di rumah Mba Vivi ternyata baru sedikit yang hadir, jadi saya makan siang dulu deh sambil menunggu teman-teman yang lain datang. 

Pada pukul 13.30 kelas baru dimulai. Agenda pertemuan kali ini adalah review NHW#1, Materi 2, dan NHW#2. Pada saat review, saya mencoba menggali dan menanyakan aliran rasa peserta. Sudah ada beberapa yang berani berbicara dan mengalirkan rasanya. Banyak yang merasakan bingung dengan jurusan ilmu apa yang akan dipilih, tetapi ada juga yang sudah mantap memilih dan sudah mulai menjalankannya. Ilmu yang dipilih dominan tentang menjadi ibu, istri, dan perempuan yang baik, pendidikan anak, parenting, dan seputar keluarga. Ada juga tentang manajemen waktu, diri, dan emosi. Ada juga yang mau menekuni hobinya seperti menjahit, memasak, menulis. Ada juga tentang sadar lingkungan dan tentang berwirausaha atau bisnis. Beragam dan semuanya sah-sah saja alias diperbolehkan.

Yang pertama kali mengumpulkan NHW#1 adalah Mba Siti Fatimah alias Mba Time. Beliau mengumpulkan di hari yang sama saat pertemuan pertama berlangsung (malamnya). Semangat sekali Mba Time! :) Selain itu, ada salah satu NHW peserta yang menarik perhatian, yaitu milik Mba Prita. Beliau menuliskannya dengan cara mind mapping, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Menurut saya cara penulisan seperti ini sangat menarik, karena yang dituliskan berupa point-point yang utama. Mba Prita pun bercerita bahwa mind map-nya ini ditempel di dinding kamar sebagai pengingat. Good job, Mba Prita! :D

Berlanjut ke materi 2 "Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga". Sehari sebelum pertemuan, saya meminta peserta matrikulasi untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang:
1. Apa itu ibu profesional?
2. Apa itu komunitas ibu profesional?
3. Bagaimana tahapan-tahapan untuk menjadi ibu profesional?
4. Apa saja indikator keberhasilan seorang ibu profesional?

Para peserta banyak yang mengetahui jawaban pertanyaan nomor 3, yaitu Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, dan Bunda Sholeha. Sebelumnya tahapan ini sudah pernah disinggung di pertemuan pertama. Sedangkan untuk pertanyaan lainnya masih saya bantu bacakan dari materi yang didapat dari tim matrikulasi pusat.

Beranjak ke NHW#2, alhamdulillah di rumah Mba Vivi disediakan fasilitas mic dan papan tulis, sehingga dapat dengan lebih mudah menjelaskan tentang NHW#2 dan kriteria yang digunakan (SMART). Bisa menuliskan beberapa contoh juga sehingga peserta lebih terbayang dengan cara mengerjakan NHW#2 ini.

Alhamdulillah selesai sudah pertemuan kedua matrikulasi. Diakhiri dengan sesi berbagi dari para peserta. Mba Vivi membagikan cemilan Bangnana Chips, Mba Faiqah membagikan celana pendek anak laki-laki hasil jahitannya sendiri, Mba Time juga sejak awal acara membagikan minuman thai tea produksi sendiri, dan peserta lainnya yang juga masing-masing membawa potluck untuk sharing selama kelas berlangsung. Masya Allah, kami baru saling mengenal tetapi kebersamaan terasa sudah sangat dekat. Terima kasih Mba Vivi sebagai tuan rumah dan semua peserta matrikulasi kelas Tangsel Offline Batch 5! Sungguh pengalaman berharga bergabung bersama kalian semua. :)

Berikut dokumentasi pertemuan kedua:





No comments:

Post a Comment