Friday, February 2, 2018

Game Level 8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 1)

Kamis, 1 Februari 2018

Tantangan kali ini adalah mengenalkan kegiatan menabung, proses menabung, dan membelanjakan tabungan. Seperti biasa, mami lebih senang mengenalkan sesuatu kepada Neta dan Nara lewat buku. Ini dia buku yang mami pilih untuk mengenalkan kegiatan menabung:

Tupi yang suka menabung

Buku ini bercerita tentang seekor tupai yang sangat rajin. Ia mencari makanan pagi-pagi sekali dan menyimpan makanan juga untuk persediaan di musim kemarau. Sedangkan seekor monyet malah mengejeknya karena sikap tupai tersebut, dia berkata untuk apa melakukannya, toh makanan tidak akan lari. Ketika musim kemarau tiba, monyet kelaparan karena tidak menyimpan makanan. Akhirnya tupai yang memberikan monyet makanan dari persediaannya terdahulu.

Ceritanya sangat ringan, cocok untuk dibacakan untuk Neta maupun Nara yang masih berusia kurang dari 2 tahun. Ada kegiatannya juga di dalam buku ini seperti menempel stiker, berhitung, dan mewarnai. Ada penanaman moralnya juga misalnya menyapa ketika bertemu teman, memuji hasil karya teman, tidak membalas ketika diejek teman, bertanya dan membantu ketika teman sedang sakit atau perlu pertolongan, makan tidak terburu-buru, serta meminta maaf jika melakukan kesalahan.

Hikmah dari cerita pun sangat bagus, mengajarkan agar selalu berhemat, rajin menabung, dan tidak bermalas-malasan. Sikap berhemat dan rajin menabung akan bermanfaat di kemudian hari. Sedangkan sikap boros dan bermalas-malasan akan merugikan diri sendiri.

Info buku:
Judul buku: Tupi yang Suka Menabung
Penulis: Hasna Nelfia
Ilustrator: Imam Kr Moncol
Penerbit: Bestari
Harga: Rp 37.500
Beli di Millennia Cireundeu

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

No comments:

Post a Comment