Saturday, February 24, 2018

Kegiatan Neta Nara 12-15 Februari 2018

Kegiatan Neta dan Nara di minggu ini banyak mengambil dari paket Mungilmu Mini minggu ke-7. Ada juga yang mengambil ide kegiatan dari kalender Sahabat Anak Indonesia. Berikut dokumentasinya:

1. Asyiknya Main Bersama


Ada gambar bak pasir dan tumpukan daun. Ada juga gambar anak-anak yang sedang bermain pasir dan bermain di tumpukan daun. Ceritanya hanya satu orang anak yang sedang bermain. Lalu merasa kesepian karena tidak ada teman bermain bersama. Akhirnya teman-teman yang lain datang menemani bermain. Wah ternyata bermain bersama-sama itu menyenangkan ya! Untuk percakapannya bebas saja, yang penting bisa menjadi sarana berkisah dengan anak. :)

2. Bunga untuk Ayah Ibu



Gambar bunga digunting dan ditempelkan di stik es krim. Lalu tancapkan ke lilin mainan (playdoh). Ajak Nara untuk mengambil bunganya dan memberikannya kepada Mami. Nara senang sekali menancapkan kembali bunga-bungaan ini ke lilin. Kalau Neta bermainnya membuat ekspresi wajah seperti sedang senyum, marah, atau kecewa di bunga tersebut dengan menggunakan lilin.

3. Main di Laut Mungil


Yang ini mainnya di kamar mandi. Ada gambar hewan-hewan laut seperti kepiting, ikan, kuda laut, gurita, penyu, dan lumba-lumba. Gambar hewan laut yang sudah digunting, dilaminating dengan menggunakan lakban bening lalu ditempel di kamar mandi. Anak-anak sambil mandi menyipratkan air ke hewan-hewan sambil mengenal nama-nama hewan tersebut. Kalau sudah main ini, bisa betah lama di kamar mandi. 

4. Laba-Laba Warna-Warni



Kegiatan ini melatih motorik kasar anak-anak. Buat jaring laba-laba dari lakban bening di antara tembok pintu. Tempelkan laba-laba ke lakban, lalu tarik laba-laba, dan tempatkan ke gambar jaring laba-laba. Di foto terlihat Neta sedang menggendong Nara supaya Nara bisa mengambil laba-laba di jaring lakban bening. Senangnya kalau mereka berdua bisa bermain bersama. :)

5. Mengeksplorasi benda di sekitar dengan melihat, menyentuh, dan menyebutkan bentuknya


Ini dia hasil nge-bolang di kebun rumah yang sudah mirip hutan hehehe.. Ada beberapa jenis tanaman dan bunga berhasil kami kumpulkan. Yang Mami-nya pun tidak mengetahui nama-nama tanamannya dengan pasti. Hihihi.. Mungkin ada yang bisa membantu menyebutkan nama-nama tanaman/bunga di atas? :D

6. Mempelajari asma Allah "Ar-Rahman" 

Mempelajari asma Allah Ar-Rahman dengan menonton video di Youtube, kartun Diva dari Kastari Animation. Ternyata ada video Diva yang membahas asmaul husna. Alhamdulillah, jadi ada referensi video menarik untuk mengenalkan asmaul husna kepada anak-anak. Kebetulan anak-anak sangat suka menonton seperti Papinya hehehe.. Berikut videonya:

 

7. Mengenalkan nama Rasulullah saw, tempat dan kelahirannya

Untuk nama Rasulullah saw, alhamdulillah Neta sudah mengetahuinya. Sedangkan tempat dan cerita kelahirannya belum tahu. Rasulullah saw lahir di Mekkah pada hari Senin, 12 Rabiulawal di tahun gajah, Mami mengambil referensi dari buku kisah 25 Nabi dan Rasul karangan Yas Marina. Setelah itu, menonton videonya juga di Youtube. Berikut videonya:





No comments:

Post a Comment