Thursday, February 8, 2018

Game Level 8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 7)

Rabu, 7 Februari 2018

Bulan Februari ini sudah masuk musim hujan ya. Hampir setiap hari hujan, Tangsel pun cuacanya menjadi dingin. Tentang hujan ini, Mami mencoba menceritakan kepada Neta, merupakan salah satu bentuk rezeki dari Allah. Ceritanya mengambil dari buku "Kreasi Asyik Musim Cilik" karya Azka Madihah. Judul ceritanya "Tik-Tik-Tik... Bunyi Hujan di Atas Genting".

 Buku Kreasi Asyik Muslim Cilik

Cerita Tik-Tik-Tik... Bunyi Hujan di Atas Genting

Ceritanya tentang 2 orang anak bernama Asmi dan Izza yang sedang beristirahat di jam istirahat sekolah. Ternyata turun hujan sehingga Asmi, Izza, dan teman-teman tidak bisa bermain di lapangan sekolah. Teman-teman Azmi banyak yang mengeluh karena hujan turun. Ibu Guru pun kemudian mengingatkan anak-anak bahwa Allah menurunkan hujan sebagai rahmat dan berkah-Nya. Manfaat air hujan sangat banyak, misalnya sebagai salah satu unsur yang menumbuhkan tanaman dan sayuran sehingga kita semua bisa memakan hasilnya. 

Karenanya, ketika hujan turun, disunnahkan untuk membaca doa "Allaahumma shayyiban naafi'an" yang berarti: "Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat". Di surat Ibrahim ayat 32 juga dijelaskan "Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu.".

Air hujan itu juga bersih dan segar. Seperti firman Allah dalam surat Al-Furqaan ayat 48, "Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan). Kami turunkan air yang amat bersih dari langit.". Teman Asmi dan Izza, Fatih, pun minta izin kepada Bu Guru untuk bermain hujan-hujanan di luar. Bu Guru memperbolehkan asal kembali mengeringkan badan sebelum masuk ke kelas. Dan anak-anak pun bergembira kembali.

Setelah selesai bercerita, Mami menjelaskan kepada Neta tidak boleh mengeluh atau kecewa lagi ketika turun hujan ya. Hujan adalah rezeki dari Allah untuk manusia. Neta pun mengangguk tanda mengerti. :)

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

No comments:

Post a Comment