Monday, February 5, 2018

Game Level 8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 4)

Minggu, 4 Februari 2018

Hari ini Mami maraton pertemuan IIP, dari meeting persiapan milad di BXC lanjut ke kelas matrikulasi offline di Legoso. Sedangkan anak-anak dan Papi pergi ke rumah Kakek dan Nenek di Pamulang. Baru bertemu lagi ba'da Maghrib, lalu makan malam, dan hari ini ditutup dengan mengobrol santai.

Mami membuka pertanyaan kepada Papi, "Papi, dulu waktu kecil pernah berjualan gak?". Papi pun menjawab, "Pernah, berjualan permen.". Lalu Mami bercerita tentang tugas kali ini, tentang mengajarkan cerdas finansial kepada anak-anak, "Bagaimana ya, Papi? Tugas Mami kali ini mengajarkan anak menabung. Tetapi bingung juga, dari mana ya Papi sebaiknya, uang yang dipakai Neta untuk menabung? Karena Neta belum punya uang jajan sendiri. Apa Neta kita ajarkan berjualan?". Papi pun menjawab, "Sepertinya Neta belum mengerti Mami bila diajak berjualan.".

Mami pun kemudian bertanya kepada Neta, "Neta, Neta mau gak berjualan di sekolah?". Dia menjawab, "Tidak.". Waaah, to the point sekali. Lalu Mami pancing-pancing, "Seperti Mail di Upin Ipin, suka berjualan.". Neta pun menjawab, "Hoo seperti Mail. Nanti aku berjualan mainan ya, dan buah-buahan.". Sepertinya dia sering pretend play di sekolah, berjualan mainan dan buah. Mami pun bertanya lagi, "Bagaimana bila berjualan puding? Neta kan suka buat puding sendiri.". Neta menjawab lagi, "Tidak ah". Hehehe.. Sepertinya Neta belum tertarik ya dengan kegiatan berjualan ini. Ya sudah tidak apa-apa, bisa dicoba lagi lain waktu ya. :)

Kemudian Mami teringat setelah membaca bab terakhir buku Keluarga Muslim Cerdas Finansial karya Teh Patra, bahwa boleh memberikan anak bayaran tertentu setelah anak mengerjakan pekerjaan yang bukan tugasnya. Misalnya mencuci mobil atau motor. Tetapi tidak memberikan upah ketika anak mengerjakan pekerjaan yang memang sudah seharusnya menjadi tugasnya, misal merapikan mainan sendiri atau mencuci piring bekas makan sendiri. Baiklah, berarti mengajak Neta mengerjakan pekerjaan yang bukan tugasnya bisa menjadi sumber tabungan Neta yaa.. Sip, sip, semangaaat!

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

No comments:

Post a Comment