Wednesday, January 3, 2018

Passion Menulis, Menulis Passion

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada IIP. Karena bergabung dengan komunitas inilah saya menemukan passion saya, terus bersemangat menjalani keseharian sebagai seorang ibu, terus belajar dan melakukan hal yang bermanfaat baik untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Penemuan passion.. sesuatu yang membuat saya menjalani hidup dengan lebih bahagia. Alhamdulillah.. terima kasih IIP dan Ibu Septi :)

Dari passion berlanjut ke mimpi-mimpi yang insya Allah ingin diwujudkan di tahun 2018 ini. Sebuah lembaran baru, menjadi changemaker, dimulai dari langkah-langkah kecil dengan tujuan besar. Apakah mimpi yang ingin dicapai, perubahan apa yang ingin dilakukan, passion apa yang akan digeluti? Ini dia:

amotheranengineer.blogspot.co.id
Yup, blog inilah yang saya pilih sebagai sarana penyaluran passion menulis saya. Mulai menulis di blog ini ketika anak pertama saya ulang tahun yang ke-1. Pada awalnya banyak menulis tentang diri sendiri, keluarga, travelling, lalu tentang pekerjaan juga yang kala itu berkarir sebagai seorang engineer. Setelah menjadi ibu rumah tangga, mulai mem-posting tentang masakan dan aktivitas bersama anak. Sempat hiatus juga blog-nya, sampai akhirnya mengikuti kelas Bunda Sayang di IIP dan menulis Tantangan 10 Hari-nya di sini. Sekarang isi blog-nya malah IIP semua hehe.. Setor tugas kelas Matrikulasi Koordinator Tambahan, Training for Fasilitator Matrikulasi Batch 5, sampai terakhir ikut Kejar (Kelas Belajar) Menulis IIP Tangsel pun semuanya ditulis di sini.

Karena di IIP seperti 'dipaksakan' untuk selalu menulis, lama-lama jadi teringat juga dengan kegiatan yang sebenarnya sudah saya sukai sejak SMP ini. Dulu suka membuat cerita pendek, lalu di sekolah sangat senang dengan pelajaran Bahasa Indonesia, suka juga dengan quotes-quotes berbahasa Inggris yang singkat kalimatnya tetapi dalam maknanya.

Menulis adalah kegiatan yang saya nikmati (Enjoy), seringkali dapat mengalir begitu saja (Easy), beberapa kali dinilai bagus oleh teman dan pembaca, alhamdulillah (Excellent), dan menghasilkan, misalnya digunakan sebagai artikel harian di grup member IIP Tangsel dan menjadi salah satu Journal Owlet di kelas Bunsay Leader (Earn). Hal ini menjadi pemicu saya agar merutinkan menulis lagi di blog, di luar materi IIP.

Apa saja yang rencananya akan saya tulis di blog? Passion-passion saya yang lain selain menulis, yaitu:

  1. Pendidikan Anak (Usia Dini): aktivitas-aktivitas bersama anak-anak baik yang dilakukan di rumah setiap hari, di alam, tentang buku anak, kunjungan ke tempat-tempat wisata anak, dll.
  2. Memasak simpel: Resep masakan sehari-hari di rumah dengan konten pendukung lainnya seperti lama memasak, harga bahan, porsi, review-review produk, dsb.
  3. Buku dan literasi: gerakan membaca #OneMonthOneBook, kunjungan ke perpustakaan-perpustakaan, mengadakan peminjaman buku secara online dan gratis.
  4. Event organizer: menuliskan tentang kegiatan-kegiatan komunitas yang saya ikuti selain IIP, yaitu @itbmh_jaktangsel, dimana saya berperan sebagai playdate arranger, dan dilakukan insya Allah minimal 1 kali per bulan.
Rencana jadwal penulisan di blog (selain Tantangan 10 Hari kelas Bunsay):
  1. Senin: Pendidikan Anak (Usia Dini) selama 1 minggu sebelumnya, dapat dijumpai pada label Kegiatan Neta Nara.
  2. Rabu: One Week One Post Kejar Menulis IIP Tangsel (sesuai tema), dapat dijumpai pada label One Week One Post (OWOP).
  3. Jumat: Memasak simpel (menu Senin-Jumat), dapat dijumpai pada label #noweveryonecancook.
  4. Sabtu: 
    • Jurnal belajar kelas Bunsay Leader, dapat ditemui pada label Kelas Bunsay Leader
    • #OneMonthOneBook, dapat ditemui pada label #OneMonthOneBook
    • Kegiatan @itbmh_jaktangsel, dapat ditemui pada label @itbmh_jaktangsel
Semoga dapat konsisten menulis dan tulisannya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin!

#changemakerfamily
#IbuProfesional6th

------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan ini dimaksudkan sebagai mulainya penulis mengikuti tantangan "Changemaker Family" yang diselenggarakan oleh IIP dalam rangka ulang tahunnya yang ke-6. Juga untuk menyetor tulisan One Week One Post (OWOP) Kejar Menulis IIP Tangsel dengan tema "Lembaran Baru".

4 comments:

  1. Masya Allah kereen mba nika :D
    Kalo nulisnya serajin ini sih bukunya siap terbit nih 2018, aamiin :)

    ReplyDelete
  2. Semangat mba Nika..semoga istiqomah 😇💪

    ReplyDelete