Monday, January 15, 2018

Empat Kegiatan Sederhana untuk Anak Usia 1 Tahun

Bingung berkegiatan dengan anak usia 1 tahun? Jangan bingung, Bund :) Berikut 4 kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama dengan basata di rumah! :D

Bermain lompat kodok

Anak usia 1 tahun umumnya tertarik dengan dunia binatang. Ajak berkegiatan basata dengan sesuatu yang berhubungan dengan dunia binatang, misalnya lompat kodok. Kalau Nara berkegiatan dengan dibantu properti dari Mungilmu seperti foto di bawah ini. Ada gambar kodok dan keempat temannya (ikan, kura-kura, berang-berang, dan siput), ada juga gambar daun teratai. Cara bermainnya: sebar keempat teman kodok kemudian tutupi dengan daun teratai. Ajak anak untuk mencari teman-temannya dengan cara melompat seperti kodok. Jika tidak ada properti yang bisa digunakan, cukup bermain kejar-kejaran dengan anak sambil melompat seperti kodok pun anak-anak pasti sudah sangat senang dan tertawa-tawa dengan geli hehe.. Yang terpenting adalah kehadiran Bunda saat bermain dengannya! :)

Properti permainan lompat kodok 

Bermain lego

Wah, jangan underestimate bayi satu tahun lho! Mereka jika diberikan kesempatan mencoba sesuatu hal, akan belajar dengan sangat cepat. Contohnya kegiatan bermain lego ini. Bayi satu tahun sudah dapat memasang-masangkan lego, bahkan sudah bisa membuat bentuk tertentu, misalnya bentuk menara. Kegiatan ini baik untuk menstimulus motorik halusnya. Yuk beri anak kesempatan, Bunda!

Membuat menara dari lego

Bermain bentuk dan warna

Bayi satu tahun sudah mulai dapat diperkenalkan pada jenis-jenis bentuk dan warna. Kalau Nara masih menggunakan printable dimana ada gambar bentuk dengan warna tertentu, seperti foto di bawah ini. Cara bermainnya, berikan krayon berwarna sama dengan warna yang ada di kertas, lalu biarkan anak mencoret-coret kertas dengan krayon yang dipegangnya. Wah, ternyata warnanya sama ya, Nak! Setelah itu ceritakan juga bentuk apa yang ada di tiap kertas. Oh ini lingkaran berwarna merah, yang ini segitiga berwarna kuning, kalau yang ini segi empat berwarna hijau. Jika tidak ada propertinya, Bunda dapat menggunakan barang atau benda yang ada di sekitar kita. Misal pergi ke luar, melihat matahari. Wah matahari bentuknya bulat ya, Nak dan berwarna kuning. Bunda dapat menggunakan benda-benda sekitar lainnya dan bisa juga menggunakan yang ada di rumah.

Properti mengenal bentuk dan warna

Melukis

Setiap anak pasti senang deh diajak menggambar, mewarnai, atau melukis. Kuncinya jangan takut berantakan, kotor, atau messy, Bunda! Karena lewat kegiatan ini, anak-anak dapat mengasah sisi kreativitas, seni, dan penyaluran ekspresi. Sediakan kuas, cat air, dan media lukis yang memang halal untuk dicoret-coret hehe.. Anak-anak dapat dengan bebas mewarnai dan jangan terlalu berharap dalam sekali mencoba, hasilnya akan rapi dan bagus ya , Bund. Yang terpenting anak-anak mencoba dan memiliki pengalaman boleh corat-coret (tidak dilarang-larang maksudnya) hehe.. Selanjutnya dengan pengarahan dan pendampingan, insya Allah hasilnya akan lebih rapi dan bagus.

Nara ikut Kakak Neta melukis

#KegiatanNetaNara

No comments:

Post a Comment