Monday, January 8, 2018

Mengisi Liburan Anak dengan Kegiatan Hemat Bermanfaat

Liburan sekolah telah usai. Apa saja kegiatan anak-anak saat liburan kemarin? Apakah kegiatan yang menguras dompet? Atau yang repot persiapannya? Ooo.. jangan dong hehe.. Ini dia 7 aktivitas murah, meriah, dan bermanfaat yang dapat dilakukan saat anak-anak liburan!

Bermain di taman

Yup, carilah taman di daerah sekitar rumah yang dapat digunakan anak-anak untuk berlari-larian, bermain bola, atau kalau tidak bawa bola bisa bermain petak umpet seperti kami! Ini lokasinya di taman Bintaro Xchange, gratis kok! Bayar parkir saja kalau membawa kendaraan :) 


Membuat mainan dari barang bekas

Kali ini kami membuat lintasan jalan raya di kardus bekas susu UHT. Untuk gambar-gambarnya didapat dari printable berbayar. Jadi tinggal print, gunting, dan tempel aja deh!

Bermain mobil-mobilan dengan memanfaatkan barang bekas

Mengerjakan worksheet

Saat ini dengan mudah ditemukan printable-printable gratis di internet yang dapat digunakan oleh anak-anak. Salah satu web yang rutin mengunggah free printable contohnya IMC, Familia Kreativa, dan The Gang of Fur (link ada di bagian kanan, Blog Walking). Contohnya di bawah ini Neta sedang mengerjakan worksheet dari IMC bertemakan dinosaurus. Supaya dapat dipakai berulang, printable dapat ditempatkan di map plastik. Menulisnya memakai spidol boardmarker yang bisa dihapus dengan menggunakan tissue.

Belajar menulis dengan menggunakan printable

Memasak makanan kesukaan

Neta sangat senang sekali dengan puding atau agar-agar. Siapa juga anak kecil yang tidak suka yaa.. hehe. Membuatnya pun mudah lho, Bunda. Ajak anak kita untuk memasaknya bersama. Berikan ia kesempatan untuk menuang, menakar air dan gula, mengaduk, dan memasukkan ke cetakannya. Ajak anak juga untuk memasukkannya ke dalam kulkas bila sudah dingin dan kemudian makan bersama deh!

Puding coklat buatan Neta

Berwisata ke tempat murmer

Kemana yaa? Kebun binatang Ragunan bisa jadi salah satu alternatifnya. Hari Kamis kemarin, kami pergi ke sana. Lima orang yang dihitung tiketnya plus parkir mobil hanya Rp 30.000. Makanan dan minuman bawa bekal sendiri. Pengeluaran lainnya hanya membeli foto hasil jepretan abang fotografer di depan gerbang masuk sebesar Rp 15.000. Ini dia fotonya:

Foto di depan gerbang Ragunan

Mengikuti playdate

Sekarang banyak bertebaran komunitas yang mengadakan acara bermain bersama untuk anak-anak atau istilah kerennya playdate. Meskipun harus pintar-pintar juga memilihnya sih, Bunda. Kalau saya memilihnya yang HTM-nya masih terjangkau atau bahkan gratis hihihi.. Bisa juga mengadakan sendiri bersama teman-teman kita ho. Seperti yang diadakan oleh komunitas ibu alumni tempat kuliah saya dulu ini. Cerita selengkapnya ada di sini dan di sini.

Bermain mainan yang ada di rumah

Ini pilihan yang termudah yaa.. keluarkan saja mainan bola, boneka, rumah-rumahan, atau lego seperi yang Neta dan Nara lakukan di bawah ini. Jangan lupa setelahnya ajak anak-anak untuk merapikannya kembali sesuai tempatnya ya :)

Bermain lego

#KegiatanNetaNara

No comments:

Post a Comment