Thursday, January 25, 2018

Pretend Play, Pura-Pura yang Bermanfaat

Yup, dunia anak adalah dunia bermain. Salah satu permainan yang Neta dan Nara sering lakukan adalah pretend play, atau permainan pura-pura menjadi sesuatu atau seseorang layaknya yang dilakukan orang atau sesuatu tersebut. Yuk intip kegiatan pretend play apa saja yang Neta dan Nara sukai!

Pretend play menjadi hewan

Dunia anak dekat sekali dengan dunia hewan yaa.. Anak-anak senang sekali jika melihat hewan, menirukan suara dan gerak-gerik hewan tertentu. Misalnya Nara, senang sekali loncat-loncat seperti kodok mencari teman-temannya yang sedang bersembunyi di balik daun teratai :D

Ayo cari teman-teman kodok

Pretend play rumah-rumahan

Ini sih favorit Neta banget. Hampir setiap hari Neta bermain rumah-rumahan. Memang sudah ada properti tiruannya seperti sofa, tempat tidur, tempat mandi, lemari, meja rias, dan lain-lain. Plus beli orang-orangan stiker di abang penjual mainan yang ada di depan sekolah Neta. Atau simply dia memainkan boneka kemudian menyelimutinya dengan selimut tiruan yang ia temukan. Bisa kertas petunjuk pemakaian obat, bon, atau apa pun yang berbentuk seperti selimut hahaha.. Children imagination is amazing yaa..

Neta bermain rumah-rumahan

Pretend play masak-masakan/sendok-sendokan/suap-suapan

Kalau ini sedang jadi masa-masa eksplornya Nara. Kalau sudah bertemu sendok dan wadah, mulailah dia berpura-pura makan, menyuapi, atau mengaduk-aduk seperti orang yang sedang memasak. Lihat maminya yang rajin masak mungkin ya.. haha.. #PD

Nara main sendok

Pretend play telpon-telponan

Nah ini lebih lucu lagi. Anak-anak sudah sering lihat orang tuanya menelepon dengan HP, jadinya mereka ikut-ikutan deh. Kebetulan mami habis ikut tutorial membuat mainan dari kardus bersama Mba Uchy Widya. Mainan yang dibuat adalah telpon-telponan. Neta dan Nara sampai rebutan kalau main karena hanya ada satu hihi.. Mainan sederhana seperti ini bisa menstimulus aspek bahasa anak-anak lho :)

Halo ini Neta

Pretend play cuci piring

Namanya anak-anak pasti senang main air ya. Ini Neta dan Nara sepertinya sedang berpura-pura menjadi mami yang sedang mencuci piring. Properti yang digunakan mainan masak-masakan, lalu diisi air semuanya, kemudian airnya dibuang. Setelah itu diulang beberapa kali sampai baju, lantai semua basah. Duh, nambah kerjaan mami aja nih haha..

Cuci piring seperti mami

No comments:

Post a Comment