Thursday, September 7, 2017

Game Level 4: Mengamati Gaya Belajar Anak (Day 1)

Rabu, 6 September 2017

Untuk mengamati gaya belajar anak, apakah termasuk visual, auditori, atau kinestetik, saya menggunakan bantuan berupa paket printable dari @mungilmu. Untuk Neta, menggunakan paket mungilmu reguler (usia 2-6 tahun) dan untuk Nara menggunakan paket mungilmu mini (usia 6-24 bulan).

Sebelumnya memang sudah menggunakan paket mungilmu ini, tapi belum rutin setiap harinya, masih bolong-bolong, atau bergantian menggunakan printable atau permainan lain.

Aktivitas Neta (4y)

Neta sudah masuk paket minggu ke-5 dengan tema "Aku dan Sekitarku: Hai! Inilah Aku". Diawali dengan kisah pendek seru berjudul sama: Hai! Inilah Aku, sebuah cerita untuk pengenalan konsep diri. Di kisah tersebut diceritakan tentang anak-anak bernama Haris, Nadia, dan Hani yang baru pertama kali masuk sekolah. Lalu masing-masing karakter memperkenalkan diri kepada teman-teman
sekelasnya. Mereka memperkenalkan nama, umur, keluarga (seperti apa memiliki adik atau kakak dan usia berapa), serta aktivitas yang senang dilakukan bersama keluarga.

Target pencapaian untuk Neta (usia 3 dan 4 tahun) adalah sebagai berikut:
- Mulai menghubungkan cerita dengan pengalaman pribadinya (aspek bahasa).
- Dapat mengungkapkan dan menjawab pertanyaan terkait cerita (aspek bahasa).
- Menunjukkan ekspresi sayang dan mau membantu anggota keluarga lain (aspek nilai moral dan sosial-emosional).

Hasil observasi gaya belajar:
- Ketika mami membacakan cerita, Neta mendengarkan dengan seksama. Begitu melihat gambar keluarga yang ada di cerita, Neta langsung bertanya, "Neta yang mana, Mami?". Kemudian dia menunjuk gambar anak perempuan sebagai dirinya, gambar laki-laki dewasa sebagai papi, gambar perempuan dewasa sebagai mami, dan gambar anak laki-laki sebagai sepupunya.
- Lalu mami kembali ceritakan sampai selesai ceritanya, baru Neta kembali bertanya dan bercerita seputar gambar yang ada di cerita, misalnya tentang gambar sekumpulan anak yang sedang belajar di kelas. Ia menyebutkan gambar setiap anak dengan nama teman-temannya di sekolah dan gambar ibu guru sebagai bunda gurunya di sekolah.
- Dari pengamatan di atas, Neta sudah bisa menghubungkan cerita dengan pengalaman pribadinya selama di sekolah.
- Ketika mami bertanya seputar cerita, Neta belum bisa menjawab dengan jelas. Mungkin harus diceritakan beberapa kali terlebih dulu, baru biasanya Neta hafal jalan cerita beserta tokoh-tokoh di dalamnya.
- Mami juga membuatkan cerita persis seperti kisah tersebut, seperti nama saya Neta, usia 4 tahun, punya adik Nara, usia 1 tahun. Lalu mami bertanya, Neta suka melakukan apa bersama keluarga. Dia menjawab ke mall, hahaha.. Tau aja maminya memang suka ke mall.. Lalu mami tanya lagi, Neta suka membantu apa di rumah? Dia menjawab membereskan mainan.
- Lalu mami juga meminta Neta untuk lebih sayang lagi kepada adik karena sedang sering rebutan mainan nih hehe.. :)

Aktivitas Nara (1y)

Nara sudah masuk minggu pertama di kegiatan terakhir, yaitu Cilukba di Hutan, seperti ini:

Properti Cilukba di Hutan

Cara bermainnya adalah gambar hewan disembunyikan di balik daun. Lalu mami menyebutkan ciri-ciri hewan yang disembunyikan atau menirukan suaranya. Tapi sepertinya Nara belum tertarik permainan ini, malah Neta yang tertarik dan menjawab hihihi.. Nara malah sibuk merobek-robek kertas kegiatan sebelumnya, yaitu aktivitas tempel-menempel. Tidak apa-apa ya, merobek-robek kertas juga merupakan aktivitas yang dapat melatih motoriknya.

Neta bisa menjawab hampir seluruh nama hewan yang disembunyikan. Rata-rata ia menjawab berdasarkan ciri-ciri hewan yang mami sebutkan. Sedangkan bila menebak suaranya masih kurang tepat, mungkin maminya juga yang tidak terlalu pandai menirukan suara hewan hehehe..

Kesimpulan Hari Ini

- Neta sepertinya dominan visual ya, karena ketika dibacakan cerita, sangat senang menceritakan kembali gambar yang ada di kisah tersebut. Saat tebak hewan pun, lebih sering benar saat diberikan petunjuk berupa ciri-ciri hewan, daripada saat diberikan petunjuk berupa suaranya.
- Nara masih belum terlihat dominan V-A-K-nya. Sedang senang eksplorasi dan merobek-robek kertas, yang termasuk tahapan perkembangan anak yang patut disyukuri juga karena melatih motorik halusnya.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment