Saturday, September 9, 2017

Game Level 4: Mengamati Gaya Belajar Anak (Day 3)

Jumat, 8 September 2017

Kembali lagi menggunakan paket mungilmu. Untuk Neta, nama aktivitasnya "mencari nama yang hilang", sedangkan untuk Nara, bermain puzzle sederhana dari kertas, bergambar anjing yang sedang mandi.

Aktivitas Neta (4y)

Aktivitas "mencari nama yang hilang" untuk usia 3 dan 4 tahun adalah sebagai berikut:
Ada gambar balon udara yang bisa ditulisi huruf-huruf penyusun nama anak. Lalu gambar balon udara tersebut bisa digantung atau ditaruh di bawah. Ajak anak untuk melompat menggapai balon udara atau bisa juga merayap. Mami menaruh balon udaranya di kolong tempat tidur, jadi Neta merayap di bawah tempat tidur hehehe.. 

Setelah itu mami menuliskan nama Neta di kertas HVS. Mami meminta Neta untuk menempelkan balon udara sesuai urutan huruf nama "Neta". Hasilnya seperti gambar di bawah ini:

Balon udara Neta

Target pencapaian utama kegiatan ini adalah stimulus motorik kasar dengan melompat atau merayap, mengenali huruf yang ada pada namanya (aspek bahasa), pemecahan masalah (kognitif), dan merangkai nama yang didapatkan menjadi prakarya (motorik halus).

Hasil observasi gaya belajar:
- Neta tertarik dengan kegiatan ini, bersemangat ketika diminta merayap ke kolong tempat tidur
- Sudah bisa mengenal huruf-huruf penyusun namanya ketika mami menuliskan tiap hurufnya di balon udara
- Sudah bisa menempel sesuai urutan hurufnya dengan benar
- Ketika mami menyebutkan nama Neta terdiri dari N-E-T-A, ia masih terbalik menyebutkan huruf E dan T, sehingga menjadi N-T-E-A

Aktivitas Nara (1y)

Ketika menyiapkan gambar yang akan digunting untuk dijadikan puzzle, malah Neta yang tertarik untuk menggunting gambar tsb menjadi 4 bagian. Setelah itu, Neta juga yang menyusun puzzlenya. Nara seperti biasa lebih tertarik "beres-beres" alias mengeluarkan semua kertas printable yang ada di map plastik. Ya sudah, tidak apa-apa ya Nara, tetap dihitung eksplorasi melatih motorik koq hihihi..

Kesimpulan Hari Ini
- Neta lebih dominan visual daripada auditori karena bisa mengidentifikasi huruf dengan tepat ketika melihatnya, tetapi ketika mendengarnya masih ada huruf yang terbalik pengucapannya.
- Nara masih melatih motoriknya dengan "beres-beres".

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment