Tuesday, September 12, 2017

Game Level 4: Mengamati Gaya Belajar Anak (Day 6)

Senin, 11 September 2017

Hari ini Neta bermain "jadwal harianku". Ada gambar ilustrasi pagi, siang, sore, dan malam. Pagi digambarkan dengan matahari terbit, siang digambarkan matahari ada di atas, sore digambarkan dengan matahari terbenam, dan malam digambarkan dengan adanya bulan. Lalu ada juga gambar karakter burung hantu yang sedang melakukan berbagai macam aktivitas, dari bangun tidur sampai tidur lagi. 

Target pencapaian anak usia 3 dan 4 tahun:
- Mendiskusikan mengenai jadwal yang akan dibuat, bertanya dan menjawab pertanyaan.
- Menempelkan gambar kegiatan sesuai waktu yang tepat.
- Memahami perbedaan pagi, siang, sore, dan malam.

Mami menceritakan tentang perbedaan pagi, siang, sore, dan malam. Lalu Neta menceritakan gambar burung hantu sedang melakukan aktivitas apa saja. Kemudian Neta menggunting gambar-gambar tersebut. Mami menyiapkan karton hitam untuk tempat menempel. Selesai menggunting, mami meminta Neta menempelkan gambar pagi-siang-sore-malam di karton hitam. Setelah itu, bersama-sama kami menempelkan aktivitas yang dilakukan burung hantu sesuai waktunya, apakah termasuk kegiatan di pagi, siang, sore, atau malam hari, dengan berurutan. Nara juga ikut aktivitas ini, dia sangat tertarik dengan gunting (mami kasih yang baby safe, ujungnya tidak tajam), lem, selotip, dan double tape. Mami membiarkan Nara bereksplorasi sesuka hati. Berikut hasil dari aktivitas kami hari ini:

Jadwal Harianku

Kesimpulan Hari Ini
- Neta kembali terlihat dominan visualnya, karena begitu bersemangat ketika bercerita tentang aktivitas-aktivitas karakter burung hantu yang ada di gambar. Tetapi ketika mami meminta Neta untuk menempel sesuai waktunya, Neta perlu dijelaskan beberapa kali. Mungkin permainan ini cukup memakan waktu yang lama, jadi Neta sudah tidak terlalu fokus ketika kegiatan menempel. Malah sambil bermain permainan yang lain. Tidak apa-apa mami, memang rentang fokus anak-anak belum bisa lama seperti orang dewasa.
- Nara belum mami beri aktivitas khusus lagi karena beberapa kali mencoba masih belum tertarik. Jadi dibiarkan beraktivitas bersama kakaknya, bisa ikut memegang peralatan, serta melihat dan mendengarkan.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment