Monday, September 18, 2017

Game Level 4: Mengamati Gaya Belajar Anak (Day 12)

Minggu, 17 September 2017

Hari ini kami sekeluarga di rumah saja. Mami kebagian beres-beres rumah, papi kebagian laundry baju, anak-anak bebas bermain. Biasanya bila sedang bersantai-santai seperti hari ini, Neta suka minta nonton dvd kartun, salah satu favoritnya adalah Dora. Neta sedang senang episode yang berjudul "Gelang Persahabatan". Ceritanya tentang Hari Persahabatan Dunia. Seluruh anak-anak merayakannya dengan memakai gelang persahabatan, tetapi semua gelangnya dicuri Swiper si Rubah. Karena Swiper senang akan diberi gelang persahabatan juga, dia insyaf deh mau mengembalikan semua gelang-gelangnya yang telah ia curi.

Kemana saja gelangnya dikembalikan? Ke Perancis, Tanzania, Rusia, dan Cina. Jauh yaa.. Tapi bagus juga episode Dora yang ini, mengenalkan negara, kebudayaan, yang terkenal dari negara tersebut, dan belajar sapaan dalam bahasa masing-masing. Kalau Perancis ada menara Eiffel, orang-orangnya suka ke cafe makan kue dan roti yang enak-enak, sapaannya Bonjour! Kalau Tanzania, orang-orangnya masih tinggal di pedalaman, suka memakai manik-manik, ada gunung Kilimanjaro, sapaannya Jambo! Kalau Rusia ada istana Winter, negaranya bersalju, dingin, bisa bermain ski, sapaannya Privet! Kalau di Cina, ada Tembok Besar, dan sapaannya Ni Hao! Neta jadi sedikit-sedikit belajar tentang geografi dunia :)

Hari ini Neta juga tertarik bermain dengan cotton buds yang tercecer sehabis dimainkan Nara. Dia membuat bentuk rumah dan perahu dari cotton buds tersebut. Wah sudah bisa dan mirip dengan gambar rumah dan perahu! Lalu mami jadi ingat, dulu memang pernah mengajak Neta membuat rumah dan perahu, tetapi dari korek api. Ternyata Neta masih ingat yaa!

Kesimpulan Hari Ini
- Setelah Neta menonton beberapa kali episode Gelang Persahabatan ini, Neta jadi ingat seluk-beluk tentang negara-negara yang diceritakan, berarti gaya belajar visual dan auditorinya kembali terbukti dominan ya.
- Kegiatan hands on yang pernah dilakukan sebelumnya, yaitu membuat rumah dan perahu dari korek api ternyata masih diingat oleh Neta, dan Neta dapat membuatnya lagi dengan media yang berbeda. Memang cara belajar yang terbaik untuk anak balita adalah memegangnya langsung dan mempraktikkannya langsung yaa, jadi terekam deh dalam ingatan Neta.
- Nara masih hobi beres-beres aja nih alias acak-acak hihihi.. Tapi gpp deh, sabar-sabarin aja ya mamii..

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment