Tuesday, June 6, 2017

Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif (Day 5)

Hari ini saya banyak keselnya. Mulai dari Neta yang sering tanya barang-barang miliknya ada dimana. Padahal dia yang pakai terakhir, dia yang taruh. Kalau ga ketemu, barang-barang dilemparnya hiks. Nara yang maunya nempel terus, sulit gerak, kemana-mana diintilin, ga kelihatan sebentar dia langsung nangis. Ooh sabar.. sabar.. sedang berlatih komunikasi produktif ini. Meskipun hari ini banyak keceplosannya, banyak curhatnya ke suami tentang keselnya hari ini huhu.. maafkan.

Kaidah 7-38-55 sepertinya tidak sukses hari ini. Bagaimana ya memperbaikinya? Sepertinya saya kelelahan dan jenuh karena sedang sering di rumah tanpa suami, plus sedang mengambil beberapa tanggung jawab juga di luar keluarga. Hanya masalah waktu saja berarti yah. Nanti setelah Ramadhan, jadwal suami bekerja akan normal kembali. Tanggung jawab-tanggung jawab di luar keluarga pun sebisa mungkin tidak ditambah, menyelesaikan yang ada saja..

Tetap ya memang kuncinya adalah kesabaran. Sama perlu refreshing? Hehe..

Mulai besok, mau berlatih kaidah yang lain dulu, yaitu fokus pada solusi, bukan masalah. Jika Neta memang mencari barang-barangnya, saya hentikan dulu pekerjaan yang lain, membantunya mencarinya. Jika Nara sedang mau bersama saya ya tidak apa-apa. Berhenti dulu kerjakan yang lain. Semoga bisa tidak tergoda kata "tanggung" atau maunya semuanya cepat beres tapi anak-anak terbengkalai atau tidak bisa dikendalikan.

"Motherhood is a choice you make everyday, to put someone else's happiness and well-being ahead of your own, to teach the hard lessons, to do the right thing even when you're not sure what the right thing is.. And to forgive yourself, over and over again, for doing everything wrong." 
~Donna Ball

#level1
#day5
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment