Sunday, June 4, 2017

Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif (Day 3)

Hari ini hari Minggu, tapi tidak terasa seperti itu karena hari ini suami masuk kerja. Sedang ada bazar Lea, memanfaatkan momen Lebaran dimana orang-orang beli pakaian baru termasuk celana jeans. Tapi tidak mengapa, tidak perlu khawatir liburan di rumah hanya bersama anak-anak. Keep calm hehe.. 

Tetap mempraktikkan kaidah 7-38-55, seperti kata-kata positif, intonasi suara lembut dan menyenangkan, menyejajarkan pandangan, serta bahasa tubuh bersemangat tapi tidak tergesa-gesa. Saya juga menyadari bahwa selama ini telah mempraktikkan kaidah mengganti perintah dengan pilihan. Hal ini mempermudah dalam meminta Neta melakukan sesuatu. 

Sekarang pun, saya lebih banyak mendengar ia berbicara. Memahami apa kemauannya, baru merespon. Misal ketika Neta bilang mau menulis dulu di buku aktivitas Ramadhannya, padahal sudah jam 10 pagi dan dia belum mandi. Biasanya saya senewen karena sudah lebih dari kandang waktu yang saya slotkan untuk standar pagi anak-anak selesai mandi dan sarapan, yaitu pukul 9 pagi. Tapi saya mengingat lagi bahwa hari ini adalah hari libur, tak apalah meleset dari jadwal hari biasa. Setelah Neta hampir selesai menulis di buku aktivitasnya, saya yang sedang menemani langsung memintanya untuk mandi bila sudah selesai menulis. Dan dia langsung mengiyakan, tanpa menolak atau beralasan hehehe..

Momen-momen lainnya pun demikian. Saya mendengar terlebih dahulu, lalu baru merespon permintaannya. Dengan melakukan hal tersebut, saya merasa lebih santai hari ini, tidak ada urat marah keluar. Terus mendengar dan bersabar. Saya rasa itulah kuncinya menjalani hari bersama anak-anak :)

Ada sebuah quotes yang bagus mengenai komunikasi terhadap anak:

"Speak to your children as if they are the wisest, kindest, most beautiful and magical humans on earth, for what they believe is what they will become." 
~ Brooke Hampton

 #level1
#day3
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment