Friday, November 24, 2017

Game Level 6: Temukan Matematika di Sekitarmu (Day 2)

Kamis, 23 November 2017

Hari ini Neta melanjutkan kegiatan berikutnya dari buku Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Matematika dan untuk Nara, juga melanjutkan kegiatan dari printable mungilmu mini.

Matematika Neta
Mengurutkan benda dari yang paling pendek ke paling panjang

Red rods ala-ala buatan mami :D

Ada salah satu apparatus Montessori bernama red rods, yaitu sejumlah tongkat berwarna merah dengan berbagai macam ukuran tertentu dan dapat diurutkan dari paling pendek ke panjang. Apparatus Montessori itu lumayan ya harganya hehe.. Penulis buku ini pun, Mom C, meng-encourage pembaca buku untuk tidak merasa stuck bila tidak memiliki apparatus, melainkan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Contohnya menggunakan sedotan warna-warni untuk membuat red rods inspired ini.

Mami memilih sedotan warna merah dan biru untuk digunting sesuai ukuran. Sedotan warna biru ukurannya 2, 6, dan 10 cm. Sedotan warna merah ukurannya 4, 8, dan 12 cm. Bila keenam potongan sedotan diurutkan, hasilnya seperti pada gambar.

Sebagai tahap awal, Neta diperkenalkan dengan ukuran sedotan. Misal ambil warna biru, ada 3 macam sedotan: pendek, sedang, dan panjang. Begitu pula dengan sedotan warna merah, ada yang pendek, sedang, dan panjang. Setelah menunjukkan mana yang pendek, sedang, dan panjang, lanjutkan dengan bertanya: mana yang pendek? mana yang sedang? mana yang panjang? Bila anak sudah benar menjawab, lanjutkan dengan bertanya "ini apa?" untuk setiap ukuran sedotan. Tahapan ini disebut 3 period lesson.

Setelah Neta berhasil menjawab dan melewati tahapan di atas, baru mami mencontohkan untuk menyusunnya dari yang paling pendek ke yang paling panjang, lalu meminta Neta untuk melakukannya sendiri.


Matematika Nara
Belajar makan yuk!

Sepiring makanan dan 4 pasang sendok-garpu yang lucu

Ceritanya kami (mami, Nara, dan Neta) berpura-pura makan makanan yang ada di piring dengan salah satu sendok yang ada. Lalu kami juga bercerita tentang gambar hewan apakah yang ada di sendok dan garpu, sambil memasangkan sendok dan garpu sesuai gambar/warna yang sama, dan berhitung ada berapa jumlah sendok, jumlah garpu, berapa pasang jumlahnya? Hampir semuanya memang Neta yang menjawab, tapi insya Allah Nara pun ikut mendengarkan dan menyimak yaa.. :)

Bermain bersama

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

No comments:

Post a Comment