Wednesday, November 29, 2017

Game Level 6: Temukan Matematika di Sekitarmu (Day 7)

Matematika Neta
Kegiatan menggunakan constructive triangles


Hari ini sudah bisa kembali berkegiatan matematika lagi. Yeayyy.. Untuk Neta, mami menyiapkan constuctive triangles, yaitu potongan-potongan segitiga yang bisa dibentuk menjadi bentuk geometri lain, misalnya 2 segitiga siku-siku sembarang bisa dibuat menjadi persegi panjang, 2 segitiga siku-siku sama kaki menjadi bujur sangkar, 2 segitiga sama sisi menjadi belah ketupat, dan sebagainya. Semua kegiatan ini ada di buku Montessori di Rumah beserta buku aktivitasnya.

Pada awalnya Neta masih bingung bagaimana membuat potongan segitiga-segitiga menjadi bentuk geometri lain. Tetapi setelah diberikan contoh, ada gambar kontrolnya juga, dan ada garis kontrolnya juga di tempat pertemuan segitiga, alhamdulillah Neta sudah mulai mengerti dan dapat membuat bentuk lain yang dimaksud.

Neta berhasil membuat 5 bentuk. Ketika bentuk ke-6, tampaknya dia memilih untuk bermain yang lain hehe.. tidak apa, Kakak Neta. Yang hari ini dilakukan pun sudah sangat amazing :*

Constructive Triangles

Matematika Nara
Memasukkan kancing ke dalam kardus

Hari ini Nara bermain memasukkan berbagai macam bentuk dan warna gambar kancing ke dalam kardus yang sudah dilubangi. Kalau Nara, terbatas mainnya hanya memasukkan saja. Lalu Kakak Neta pun tertarik untuk ikut bermain sambil berhitung jumlah kancing yang dimasukkan. Nara sambil mendengarkan Kakak Neta berhitung juga yaa.. :)

Memasukkan gambar kancing ke dalam kardus

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

No comments:

Post a Comment