Thursday, November 23, 2017

Game Level 6: Temukan Matematika di Sekitarmu (Day 1)

Rabu, 22 November 2017

Wow tantangan level 6 adalah tentang kegiatan matematika bersama anak. Waktu sekolah dulu saya suka matematika, sekarang juga masih sih (ibu-ibu geeky-nya keluar lagi). Semoga dapat menularkannya kepada putri-putriku dengan cara yang positif sehingga mereka pun menyukainya :)

Referensi yang saya gunakan untuk kegiatan Neta (hampir 5 tahun) adalah buku Montessori di Rumah, 55 Kegiatan Matematika. Dan untuk kegiatan Nara (1,5 tahun), saya mengambil dari paket printable mungilmu mini.

Matematika Neta
Mengelompokkan benda berdasarkan karakteristik tertentu

Mengelompokkan kancing berdasarkan warna

Kegiatan ini termasuk kegiatan pra-matematika, sebagai dasar pemahaman matematika untuk anak di kemudian hari. Neta sudah pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya, mengambil dari buku pertama Montessori di Rumah: 55 Keterampilan Hidup. Menurut Mom C, penulis bukunya, tidak apa bagi anak yang sudah lebih besar untuk mengulang kegiatan ini, sehingga pemahaman dasar matematika diperkenalkan dari awal lagi dan kemudian berkesinambungan melanjutkan ke kegiatan berikutnya.

Neta alhamdulillah sudah lancar dengan kegiatan ini. Good job, Kakak Neta! :)


Matematika Nara 
Cari teman anak burung untuk bermain bersama-sama di sarang!

2 sarang dan 6 burung

Ceritanya ada 1 burung di sarang, sendirian. Anak-anak diminta untuk mencari anak burung lainnya untuk menemani 1 anak burung yang diam di sarang. Bukan hanya Nara yang ikut bermain lho, Kakak Neta juga :) Lalu mami menyisipkan sedikit kegiatan matematika di dalamnya, seperti berhitung jumlah sarang, ada berapa burung di satu sarang, berapa total jumlah burung. Alhamdulillah Neta sudah dapat menyebutkannya. Selain itu disisipkan pula pengenalan warna untuk Nara. Neta pun menggunakan permainan ini untuk bermain petak umpet burung dan terakhir storytelling. Suka sekali dengan kegiatan ini: sederhana tetapi lengkap stimulasinya! :D




#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs




No comments:

Post a Comment