Tuesday, April 24, 2018

Game Level 10: Membangun Karakter Anak melalui Dongeng (Day 1)

Alhamdulillah, bisa mulai mengerjakan Tantangan Bunsay setelah mengikuti Leader Camp. :D 

Kali ini games-nya tentang mendongeng yang mengandung nilai karakter, yang ingin kita tanamkan kepada anak-anak. Wah pas sekali! Beberapa waktu terakhir ini, Neta sering terlambat datang ke sekolah. Neta bangunnya sering kesiangan, sarapannya lama, dan mandinya sambil bermain. Mami pun mencoba mendongeng seputar berangkat ke sekolah tepat waktu plus ingin menanamkan kemandirian juga kepada Neta untuk menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Mami dibantu keluarga Beruang dalam proses mendongeng:

Papi Beruang-Kakak Beruang-Bayi Beruang-Mami Beruang

Cerita bermula di pagi hari. Mami Beruang membangunkan Kakak Beruang untuk bersiap ke sekolah. "Kakak Beruang, ayo bangun, sudah waktunya bersiap ke sekolah.", kata Mami Beruang. Kakak Beruang menjawab, "Baik, Mami.". Lalu Mami Beruang bertanya, "Kakak mau sarapan atau mandi terlebih dahulu?". Kakak menjawab, "Sarapan, Mami.". Mami pun melanjutkan, "Baik, kita sarapan selama 30 menit ya, Kak. Setelah itu Kakak mandi, ya.". "Baik, Mami.", jawab Kakak Beruang.

Kakak Beruang pun selesai makan dan mandi. "Saatnya mempersiapkan keperluan sekolah ya, Kak.", kata Mami. "Baik, Mami.", jawab Kakak Beruang. "Perlengkapan apa saja yang dibawa, Kak?", tanya Mami. "Bekal minum, susu, dan buku tabungan, Mami.", jawab Kakak. "OK, Kakak siapkan sendiri ya.", pinta Mami. "Baik, Mami", jawab Kakak.

Selesai menyiapkan perlengkapan, Kakak Beruang pergi sekolah. Sebelumnya salam dulu dengan Papi, Mami, dan Bayi Beruang. :D

Waaah, Neta senang sekali diceritakan dongeng ini. Setelahnya, Mami dan Neta membuat kesepakatan supaya besok Neta bangun jam 6 pagi, kemudian sarapan selama 30 menit, mandi 30 menit, dan menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri selama 30 menit. Pukul 07.30 Mami antar deh  ke sekolah. Neta pun mengiyakan kesepakatan tersebut. Semoga besok tidak terlambat lagi yaa ke sekolahnya. :)

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImanigation

No comments:

Post a Comment