Thursday, October 26, 2017

Game Level 5: Pohon Literasi (Day 1)

Rabu, 25 Oktober 2017

Kembali lagi mengerjakan tugas kuliah. Horeee! Terdengar 'freaky' ya, ibu-ibu koq senengnya kuliah hahaha.. 

Di game level 5, tugasnya adalah diminta untuk membuat pohon literasi. Apa itu pohon literasi? Pohon tak bercabang yang kemudian dirimbunkan dengan daun-daun bertuliskan judul buku yang selesai dibaca. Wouw!!! Sounds great (for me)!

Kebiasaaan membaca buku alhamdulillah sudah hampir diterapkan setiap hari bersama anak-anak di rumah. Saya sendiri hobi beli (eh baca) buku. Tinggal mengajak papinya anak-anak untuk berpartisipasi. Err.. Ga 'tinggal' sih. Karena papi memang tidak suka baca buku, sukanya baca portal berita online, atau baca tentang yang menurut papi menarik. Tentang flat earth misalnya hihihi.. Gapapa. Sebagai bunprof, harus punya berbagai macam strategi untuk bisa mengerjakan tantangan bersama keluarga.

Contohnya saat buat pohon literasi. Merasa sibuk? Banyak kerjaan? Kemampuan menggambar minim? Tinggal buka file printable berbayar yang ada gambar pohon tak bercabangnya. Alhamdulillah keingetan sama gambar ini. Oh, terima kasih printable. Kau memang penyelamat :)

Printable-nya di-print dengan format poster 2x1, yaitu menggunakan 2 buah kertas A4. Jadi agak gedean gitu ya ukurannya, dibanding hanya di-print di selembar kertas A4. Lalu tulis nama anggota keluarga di setiap cabang pohon. Ini dia pohon literasinya:

Pohon literasi kami

Lalu baca apa kami sekeluarga di hari pertama ini? Ini dia bukunya:

Veri Si Kapal Laut

Buku ini dibeli setelah Neta berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Priok. Menjadi pengingat dan media bercerita tentang kapal laut yang pernah dikunjunginya. Neta sangat senang dengan buku ini, hampir setiap hari minta dibacakan buku ini. Bedanya kali ini, papi mau membacakannya untuk kita semua. Waaah terima kasih papi! Semuanya jadi dapat 1 buah daun deh di tiap ranting pohon literasi :)

Pohon literasi sudah berdaun 1 di masing-masing cabang

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment