Tuesday, October 2, 2018

5 Tips Supaya Bisa Membaca Buku Sampai Selesai

Mari kita tengok rak buku yang ada di rumah. Apakah buku-buku yang ada di sana sudah dibaca semua atau hanya teronggok setelah dibeli? Ooopsss.. Koq ya lebih banyak yang hanya menjadi pajangan ya.. Padahal waktu belinya, semangat 45 banget hihihi.. 

Kesibukan sehari-hari terkadang membuat kita lupa, tidak meluangkan waktu untuk membaca buku. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, aktivitas seorang ibu seakan-akan tiada hentinya. Hobi membaca buku pun sekedar menjadi isian atau jawaban ketika ada pertanyaan "hobinya apa?". Padahal untuk baca chat atau timeline media sosial bisa betah berlama-lama hiks.. 

Tetapi jangan khawatir, berikut ada beberapa tips yang dapat dipraktikkan supaya bisa membaca buku sampai selesai:

1. Niat

Yup, betul sekali. Awalilah dengan niat, "saya mau membaca buku ini sampai selesai". 

2. Pilih buku yang kita sukai atau yang kita butuhkan atau yang dirasa bermanfaat bagi kita

Dulu waktu sekolah, baca buku pelajaran koq tidak selesai-selesai. Berbeda dengan baca komik atau Harry Potter. Meskipun banyak dan bukunya tebal, bisa selesai dalam waktu yang singkat. Kenapa bisa begitu? Karena saya menyukainya hehehe..

Kalau sekarang, buku-buku parenting menjadi daya tarik tersendiri untuk dibaca. Sehingga lebih banyak membaca buku-buku jenis ini daripada jenis buku lainnya. Karena dirasa bermanfaat dan merasa membutuhkan ilmunya juga.

Pilih saja genre buku yang Mommies suka, insya Allah akan lebih cepat selesai membacanya.

3. Tentukan target dan waktu membaca 

Dimulai dari yang mudah dan memungkinkan terlebih dahulu. Misalnya 1 bulan ingin selesai membaca 1 buku. Lalu lihat jumlah bab dalam buku, misalnya ada 8 bab. Dalam 1 bulan terdapat 4 minggu, berarti dalam 1 minggu membaca 2 bab buku.

Kemudian dibagi lagi dalam target harian, misal hanya bisa baca saat weekend. Berarti hari Sabtu baca 1 bab dan hari Minggu baca 1 bab. Lalu alokasikan waktu untuk membaca, misalnya jam 05.00-05.30 pagi.

4. Masukkan dalam to do list dan praktikkan

Jika senang menulis di jurnal harian, tulis aktivitas membaca sebagai bagian dari hal yang harus dikerjakan pada hari itu atau bisa tuliskan reminder di HP. Jangan lupa praktikkan untuk membaca pada waktu yang telah ditentukan yaa hehehe.. Karena rencana tanpa aksi hanyalah rencana belaka (ya iya lah..). :D

5. Simpan buku yang sedang dibaca di tempat yang mudah dijangkau

Misal di meja samping tempat tidur. Sehingga bila ada waktu luang, buku pun menjadi pilihan untuk mengisi waktu. Kalu bisa, justru gadget-nya yang disimpan jauh-jauh, supaya lebih tergoda untuk membaca buku daripada bermain HP. :)

Demikianlah tips-tips supaya bisa membaca buku sampai selesai. Oya, bisa dipraktikkan juga untuk membaca Al-Quran lho! Semoga bermanfaat yaa.. :)

No comments:

Post a Comment